Tuesday, January 31, 2017

My Roleplay Character List

*tiup debu di blog ini*

Too much hassle untuk membuat Tumblr, dan memang dari dulu sudah ingin bikin charlist tapi lupa terus (sampai lupa beberapa karakter di beberapa roleplay lol).

Oke, secara umum ini adalah tempat untuk track dan sekaligus sharing character list dari beberapa roleplay forum yang sudah dimainkan selama ini. Semua karakter, tanpa terkecuali, mempunyai nama depan yang diawalidengan huruf 'A'. Mayoritas juga mempunyai nama tengah atau belakang yang berhubungan dengan tokoh historikal yang terkenal, baik penemu, ilmuwan, maupun tokoh dalam perang Sengoku di Jepang. Tiap karakter juga diberi 'tema' yang merupakan gimmick dasar dari setiap karakter.

List dapat diupdate sewaktu waktu sesuai kebutuhan.


------



Aile Vicenna (Otonashi Io - Acchi Kocchi)









Karakter pertama, dan ternyata dia masih ada, baru dicek saat pembuatan. Pleasant surprise. 'Kimia' adalah tema karakter ini, dan Avicenna (Ibnu Sina) adalah tokoh historikal relevannya. Digimonnya Tentomon. Harus diakui, meski charnya tipe pendiam seperti ini, tidak ada yang bisa mengalahkan pengalaman pertama bermain roleplay.

---


Akira Takagi (Takagi Akito - Bakuman)









Abaikan linknya, karena akan membawa ke link perusahaan konsultan digital. Pengalaman pertama bermain roleplay yang tidak jelas. Still, so much fun. 'Fisika' adalah temanya, dan tokoh historikal yang terhubung adalah Albert Einstein. Digimonnya adalah Hagurumon.

---


Alan Tesla (Cubic Galois "Edison" - Phi Brain)









Astral Viper (Yaegaishi Taichi - Kororo Connect)









Pengalaman pertama bermain di populer RPF. Secara umum, tidak begitu klop karena setting Harry Potter yang tidak dikuasai. Kalau tidak salah, Alan sukses lulus, sementara Astral di-unreg. Viper masuk Gryffindor tidak lucu, lol. Tema karakter Alan adalah 'kedokteran', dan tokoh historikalnya adalah Nikola Tesla, serta bagian dari 'Katawa Shonen - Arrythmia'. Sementara tema Astral adalah 'ekonomi', dan tokoh historikalnya adalah Frank/Lillian Gilbreth.

---


Andreas Mendel (Assistant-san - Jinrui wa Suitai Shimashita)









Sementara itu, justru di AD, terasa lebih enjoy, walau lebih karena visu menentukan prestasi. Luck nya juga bagus sebagai Chaser. Temanya adalah 'biologi' dan 'fotografi', meskipun agak aneh sebenarnya kamera di tahun 1900, haha. Tokoh historikalnya sudah jelas, Gregor Mendel.

---


Katsuie Arata (Kurosaki Tasuku - Dengeki Daisy)




Good ol' Gotei. RPF bertema fighting paling ikonik yang pernah diikuti. Juga salah satu karakter paling sulit, karena bagian dari 'Katawa Shonen - Mute'. Roleplay dengan tulisan di kertas itu sulit, hahaha. Temanya adalah 'kyuudo' dan 'senjata api', sementara karakter historisnya adalah Shibata Katsuie.

---


Arvellas Haradion (Gancelot - Cardfight!! Vanguard)









Ah, pertama kali punya pasangan di RPF, it feels good. Settingnya juga fighting. Sayangnya lupa karakter historikal yang berhubungan (sebenarnya ada di nama tengahnya, namun tidak bisa ditemukan). Temanya adalah 'knighthood'.

---


Athan/Athannael Edison (Kunimi Hiro - H2)









Pokemon, classic. Forumnya juga sedang dibuka, surprise juga. Temanya adalah 'baseball', dan tokoh historikalnya adalah Thomas Alva Edison. Sudah punya 3 Pokemon yang dibawa, Squirtle dengan nama Strike, Doduo dengan nama Twin, dan Geodude dengan nama Geo. Yah, penamaan simpel.

---


Alto Halley (Sora - No Game No Life)









Setelah Esmeria tutup, Soul Eater sempat jadi pengisi RPF bertema fighting. Karakter gendeng. Salah satu karakter-karakter terakhir sebelum sempat vakum RPF satu tahun lebih. Temanya adalah 'permainan' dan tokoh historikal yang diselipkan adalah Edmond Halley.

---


Maeda Aoi (Kihara Tsumugu - Nagi no Asukara)

Miyashita Ayami (Miyamae Tomoka - Suihaisen Made nan Mile?)

Hatsumei Akira (Colt - Gangsta)

Saenoki Amami  (Maiharu Hiromi - Minami Kamakura Koukou Joshi Jitenshabu)

Hashiba Atsushi (Totsuka Tatara - K Project)

        

Kuartet A-Family yang menandai kembalinya ke dunia RPF setelah vakum setahun lebih. Sebelumnya pernah punya karakter di sana, namun tidak dimainkan dan menjadi karakter terakhir yang dimainkan sebelum vakum lama.

Aoi bertema 'laut', dan dihubungkan dengan tokoh historikal Maeda Keiji. Ayami adalah karakter yang 'dihidupkan' dari game online, tema 'atletik' dan 'berenang' dan tidak punya karakter historikal berkaitan. Akira adalah 'bunga' dan 'memasak', juga tidak punya karakter historikal, serta bagian dari 'Katawa Shonen - Burn', meski namanya "Hatsumei" bermakna "penemuan". Amami adalah 'sepeda', dan juga tidak mempunyai karakter historikal. Sedangkan Atsushi adalah 'fotografi', keturunan dari Andreas Mendel dan karakter historikalnya adalah Hashiba Hideyoshi.


---

• Tokyo ABO

Mairi Arina (Akizuki Airi - Oni Chichi)









Karakter gendeng nomor 2. Memanfaatkan setting yang lebih terbuka, dipilihkan karakter yang seperti 'dia'. Cukup fun, walaupun sulit. Temanya adalah 'dunia malam', dan tidak punya karakter historikal, karena namanya adalah pengacakan dari 'Marina' dan 'Airi', dua saudara di "anime" yang menjadi sumber visualisasinya.


-----


Sebenarnya masih ada beberapa, sayangnya lupa hal-hal yang penting yang perlu diingat.
Antara lain:
- A Thousand Island, karakter dengan visualisasi Kurosaki (Black Swindler)
- Karakter RPF dengan tema Durarara (?), dengan visualisasi Rintaro Okabe (Steins;Gate)

Masih akan ditambahkan apabila ada yang terlupa, dan yang belum ada fotonya akan segera ditambahkan.

Sampai ketemu, dan have a nice roleplaying!

Friday, June 27, 2014

Kyu's Anime Review - Spring 2014 "Reality Sucks, Where My Game World"

Sesuai dengan request yang banyak mengalir di Plurk, review season ini jadinya ditulis di blog berdebu ini. :v  Baiklah, hitung-hitung supaya bisa mengarsip apa saja tontonan selama satu season deh, tak apalah.

Spring 2014 (April-Mei-Juni) adalah season yang cukup slow. Tak ada serial yang cukup kontroversial, kebanyakan adalah tontonan-tontonan dengan niche penonton masing-masing. Sebagai season yang muncul di masa liburan musim panas, pilihan genrenya cukup banyak, namun menurutku, tak selengkap line-up yang akan keluar Summer nanti. Nonetheless, tetaplah sebuah season yang solid.

Yak, mari mulai dengan me-list tontonanku season ini!


COMPLETED/CONTINUED

Cardfight!! Vanguard : Legion Mate Hen (Pertarungan Kartu Vanguard - Legion Mate)


CFV: Aichi Fanboy Group Arc

Obligatory anime Vanguard, dan yaaaah, decent at best. Mengenalkan antagonis baru, "Quattre Knights", memberikan sedikit angin segar, meski akhirnya ceritanya terjebak pada pertarungan dua fanboy homo. Huft. Tak banyak yang bisa dijelaskan, secara umum mereka memulai dengan baik sebenarnya, dengan Miwa menggantikan Shingo dalam tim, dan ada Ratie honyarara~ yang lucu di pihak antagonis. Jadi yaaaah, begitulah.


Gochuumon wa Usagi Desu Ka? (Apakah Pesanannya Kelinci?)



Pesan satu Chino bawa pulang aja boleh gak? :v

Obligatory slice-of-life anime, dan yah, GochuUsa menjadi tontonan yang mantap mengisi gula darah tiap minggunya. Slow, terkadang boring; tapi begitulah anime slice-of-life, dan GochuUsa tetap memberikan gags ringan yang cukup untuk membuat bertahan menonton tiap minggu. Character cast-nya juga lucu-lucu dan unik.


Isshuukan Friends (Teman Seminggu)

> TFW friendzoned every week :'(
My choice of  the season's romance anime, dan secara umum, perasaan nonton anime ini mixed bag. Ceritanya cukup composed, konsisten pada plot yang dijalankan, misteri dan karakterisasi yang engaging, dan yah, dua vanilla pair kita, terutama heroine-nya, lucu. :3  Tapi certain lack of decisive ending bikin kesal, yak. Memang sudah ditakdirkan untuk ending menggantung, tapi... *sigh*


Mahouka Koukou no Rettousei (Si Tidak Biasa di Sekolah Sihir)


Ta-stu-ya so OP, normal people should not in the same pic with him

Huee. Salah satu biggest dissappointment untuk season ini. OP-nya catchy, kualitas gambarnya bagus, banyak yang moe, dan imouto pula, tapi ceritanya... *facepalm*. Ta-stu-ya adalah karakter paling Gary Stu season ini, tak ada yang mengalahkan dia, bisa apa saja, muncul tiba-tiba di momen yang paling convenient tanpa alasan, dan bisa menjelaskan apapun. Dia tahu segala hal. Ceritanya sendiri juga overly-technical, mengabaikan interaksi karakter dan personalisasi. Semua orang di anime ini antara tergila-gila dengan Ta-stu-ya atau generic evil character who doing evil things for the sake of being evil. Dan imouto, Miyuki, being Mary Sue, is not helping at all.... Bertahan demi KanaHana-senpai dan karakter-karakter cewek yang harus diakui lucu-lucu.


Mangaka-san to Assistant-san to (Mangaka dan Asistennya)


I want to be dominated by Ashisu-san too ;w;

Anime pendek 5 menit (atau segitulah kira2), dan yah, enjoyable. Aito adalah karakter mesum pencinta harem yang cukup direct dan itu menyenangkan. Heroine cast-nya tak begitu menyentak, tapi lumayan lovable juga. Gags-nya kebanyakan flat, tapi lumayan bikin mood cerah juga. Begitulah, cukup bagus sebagai anime pendek.


Mekakucity Actors (Mekakumonogatari)




More head tilt? MOAR head tilt.

SHAFT! Setelah menggila satu season dengan Nisekoi yang fenomenal (populer, serius, sayangnya bagaimana mungkin mengharapkanku menyukai cerita macam begitu?), SHAFT kembali dengan cerita yang edgy dan... sayang sekali, they are clearly not doing their best. Kualitas gambar jatuh dibanding Nisekoi, dan ceritanya tampak menyebar kemana-mana. Tch. Tapi untungnya materialnya harus diakui superior, dan SHAFT still being SHAFT,  so unique. Setidaknya anime ini adalah adaptasi yang bagus untuk mengenalkan Kagerou Project.


No Game No Life (Tak Ada Permainan Tak Ada Hidup)

Steph best kthx
Best performing anime season ini. Engaging in every way possible, Sora dan Shiro, "Kuuhaku" (Blanks), memberikan tontonan yang selalu membuat penasaran tiap minggunya. Mereka meng-abuse aturan dari dunia twisted tempat mereka "terlempar", dan Sora dengan cepat dan pasti membuat pasukan harem yang siap menantang dewa yang mengirim mereka lewat serangkaian permainan. Moe fanserviceybrainwrecking yet light story, tapi selalu setia memperlihatkan games-games yang super seru. So yeah. AOTS.


Soul Eater NOT! (Pemakan Jiwa NOT!)


> Membayangkan Anya dan Meme bernyanyi "Triangle" sambil gebuk2an

Reminiscence dari original Soul Eater (aku baca manganya, btw, dan suka) yang adaptasi animenya-nya flop, NOT datang dengan gaya ilustrasi yang tampak terlalu moe-fied dan cerita yang tampak terlalu fluffy, tapi hei, it actually works! Material yang cukup superior mampu mengidentifikasi dirinya menjadi suplemen original Soul Eater. Sayang kualitas gambarnya jelek sih ohok, ini illustrator nya kurang digaji sepertinya. Still, surprisingly one of the best performing anime between low tiers.


DROPPED

Black Bullet  (Loli lucu... tapi ceritanya pasti surem. Dropgapakelama.jpg)
Escha & Logy no Atelier: Tasogare no Sora no Rekinjutsushi (Boring parah lol)
Gokukoku no Brynhildr (Cewek lucu disiksa dan dibunuhi.... Nope nope nope. Dropgapakelama2.jpg)
Kanojo ga Flag o Oretara (Harem, terlalu generic, dengan MC & cast yang kerasa bleh)
Ryuugajou Nanana no Maizoukin (Kurang merasa hype, gak klik sama sekali)


Demikian adalah watchlist selama Spring 2014 dan review mengenai anime-anime tersebut. Tak lengkap rasanya kalau aku tidak memberikan award terhadap tontonan-tontonan tersebut, untuk beberapa kategori penting yang cukup esensial dalam hal enjoyability menikmati tontonan itu tersendiri. Jadi... yak!


KYU'S AWARD OF THE SEASON

ANIME OF THE SEASON : No Game No Life


Meanwhile Steph is still the best

Pesaing: -


BEST MALE CHARACTER : Sora (No Game No Life)


King of tricksters, bluffs, and wordplays. Dan NEET yang punya imouto lucu.

Pesaing: Kiryuu Shougo (Isshuukan Friends), Naoki Ishida (Cardfight!! Vanguard : Legion Mate Hen)


BEST FEMALE CHARACTER : Stephanie Dola (No Game No Life)


I am okay with Steph being Steph~

Pesaing: Shiro (No Game No Life), Tsugumi Harudori (Soul Eater NOT!), Takane Enomoto (Mekakucity Actors) 


BEST OPENING SONG : This Game - Konomi Suzuki (No Game No Life)


Catchy piano di beberapa bait sebelum reff sangat keren lel

Pesaing: Rising Hope - LiSA (Mahouka Koukou no Rettousei), daze - Jin ft GARDINELIA (Mekakucity Actors)


BEST ENDING SONG : - 


BEST PAIRING : Shougo Kiryuu x Saki Yamagishi (Isshuukan Friends)


So kewt :3

Pesaing: Sora x Shiro (No Game No Life), Haruka Kokonose x Takane Enomoto (Mekakucity Actors)


SPECIAL AWARD "Gary Stu of the Year not Even Kirito Can Defeat Him" : Tatsuya Shiba (Mahouka Koukou no Rettousei)


See my handsome face, baby~


SPECIAL AWARD "Scene so Strong It Made My Heart Broke" : Kagerou Daze Scene, Episode 4 (Mekakucity Actors)


Aaaaaaaaaa scene ini aaaaaa lagu ini aaaaaa EL PSY KONGROO aaaaaaaa


PENUTUP

Yak, sekian random review anime untuk season ini. Pain in the ass sih, kayak ada yang baca aja... tapi overall puas, yeah. Semoga ada yang terbantu (ya kali aja ada?), dan semoga masih bisa nonton anime season depan dan siapa tahu, bisa nulis review lagi? :v).

Terima kasih telah membaca~

End Card: http://konachan.com/post/show/183891 (Stephanie Dola)
Source: myanimelist.net , randomc.net , some random Google Image Search

Friday, May 25, 2012

Building Deck: Madolche

Yo  :v   Kali ini aku, Kyu, bakal mengangkat tema dan ngasih saran soal salah satu archetype baru YuGiOh TCG, Madolche! Dikenalkan di OCG di set Return of the Duelist, archetype ini mengangkat tema yang sangat unyu: pudding dan wine a-la Prancis!! Jangan tanya art dari kartu-kartunyanya, archetype ini adalah salah satu archetype paling moe se-YuGiOh (walau aku masih lebih fetish dengan para Charmers, lol). Silahkan cek linknya di Wikia kalo gak percaya :D


Nah, kali ini kita akan langsung aja ngebahas deck ini ya. Intinya, seluruh monster dalam deck ini bisa balik ke deck kalo dihancurkan oleh lawan. Nah biasanya, efek2 kayak gini itu jelek, soalnya bakal menghambat thinning deck, salah satu jenis advantage dalam YGO. Namun semua berubah karena adanya Field eksklusif buat deck ini, Madolche Ch√Ęteau!


Madolche Chateau (Field Spell Card)
When you activate this card: Shuffle all "Madolchemonsters from your Graveyard into the Deck. While this card is face-up on thefieldface-up "Madolche" monsters on the field gain 500 ATK and DEF. If a monster in your Graveyard would be shuffled into the Deck by the effect of a "Madolche" monster, you can add it to the hand instead.
"Anti minus!"

Mengerti sekarang? Ya, kartu ini meminimasi natural minus karena monster kita dihancurkan. A constant +0 floater!! Buff 500 ATK dan DEF nya terlalu esensial untuk deck yang banyak sekali monster kecil-kecilnya. Dan yah, kartu ini engine dari deck, sepenting Ravine di Dragunity atau Necrovalley di Gravekeeper, jadi pakailah 3 dalam deck. 

Selanjutnya, kita akan membahas monsternya. Walaupun dirilis baru-baru ini, Madolche mendapatkan 6 monster, semuanya berefek. Dan Madolche dilengkapi dengan salah satu jenis efek monster paling bagus di YGO, yaitu searcher!


Madolche Majoleine (Spellcaster/EARTH/Effect)
4 Stars/ATK 1400/DEF 1200
When this card is destroyed by your opponent and sent to the GraveyardShuffle it into your Deck. When this card is Normal or Flip Summoned: You can add 1 "Madolchemonster from your Deck to your hand.
"Someone said, Stratos wannabe?"

Unyu sekali efek dan artnya, bukan? Dengan Chateau, Madolche Majoleine simpel menjadi once-per-turn Stratos (kalo musuh ancurin dia terus menerus). Bayangkan betapa licinnya penyihir imut ini, muncul terus dan terus di field! Karena salah satu faktor kemenangan YGO adalah konsistensi, pakai 3 wajib gak pake lama. Oh, dan 1400 lolos dari Bottomless Trap Hole, lol.

Oke, engine sudah, searcher sudah. Yang terakhir? Winning condition! Dan deck ini memiliki ace-card untuk mencapai winning condition itu.


Madolche Puddingcess (Fairy/EARTH/Effect)
5 Stars/ATK 1000/DEF 1000
When this card is destroyed by your opponent and sent to the GraveyardShuffle it into the Deck. If there are no monsters in your Graveyard, this card gains 800 ATK and DEF. When this card battles an opponent's monster: You can target 1 card your opponent controlsdestroy it.
"Pudding tiiime~"

Moe sekali~ ! Ini boss dan ace deck ini, 1000 ATK Madolche Puddingcess naik menjadi 1800 ATK bila menyentuh field dan tak ada monster di Graveyard, dan 2300 ATK dengan Chateau ini tampak underwhelming. Tapi yah, ini winning condition kita: beatdown dengan Puddingcess, lalu knock satu kartu saat battle. Pakai 2-3 dalam deck.

Nah, salah satu kelemahan Puddingcess adalah levelnya yang sangat menyulitkan, dan tidak dianjurkan untuk di Tribute Summon karena membuat buff ATK nya tidak didapatkan. Untuk menghindari Grave kita terisi, summon Puddingcess dengan Marauding Captain eksklusif kartu ini, Madolche Mille-feuille. Pakai 3 kelinci ini (kelinci bukan sih? o_O) untuk konsistensi dan swarming.


Madolche Mille-feuille (Beast/EARTH/Effect)
3 Stars/ATK 500/DEF 300
When this card is destroyed by your opponent and sent to the GraveyardShuffle it into your Deck. When this card is Normal Summoned: You can Special Summon 1 "Madolchemonster from your hand.
"NOM NOM NOM"

Oke, semua kartu wajib sudah masuk. Berikut ini adalah contoh deck Madolche basic yang kubuat:

Monster: 12

3 Madolche Puddingcess
3 Madolche Majoleine
3 Madolche Mille-feuille
2 Madolche Cheuxvalier
1 Madolche Buttlerusk

Spell: 15
3 Madolche Chateau
3 Pot of Duality
2 Terraforming
2 Mystical Space Typhoon
1 Smashing Ground
1 Book of Moon
1 Heavy Storm
1 Dark Hole
1 Monster Reborn

Trap: 13
2 Madolche Manner

2 Gozen Match
2 Bottomless Trap Hole
2 Solemn Warning
2 Torrential Tribute
1 Compulsory Evacuation Device
1 Solemn Judgment
1 Mirror Force

Extra:
Filler Xyz/Synchro

Ini contoh deck sederhana Madolche. Kenapa cuma 12 monster? Yah, deck ini punya ketergantungan untuk bermain dengan Graveyard yang kosong. Dan semakin banyak monster yang masuk, akan semakin mungkin Grave terisi, yang bikin Deck gak konsisten. Dan satu lagi, nature Madolche yang powernya lemah, berarti memerlukan support dari Spell dan Trap yang lebih masif, bukan?

Beberapa monster yang dipakai namun belum dikenalkan adalah Madolche Butlerusk dan Madolche Chouxvalier, sedangkan satu-satunya Madolche yang tidak dipakai adalah Madolche Mouple. Aku tidak akan mengenalkannya secara detail, namun intinya Chouxvallier adalah salah satu beater utama deck ini, dengan bintang 4 dan 1700, jadi bakal kepakai saat perlu beater yang lebih gampang dari Puddingcess. Sedangkan Buttlerusk adalah Field searcher, yang obviously tugasnya nge-search Chateau. Sayangnya syaratnya terlalu rumit, jadi cuma pakai 1 :x   (combo dengan Mille-feuille, sih)

Untuk Spell, ada 2 Terraforming, padahal ada Buttlerusk. Kenapa? Jelas, deck ini sangat-butuh-Chateau untuk menjaga agar tidak minus dan membuat monster-monster kecil ini jadi lebih kuat untuk nge-beat lawan. Karena itu, konsistensi untuk mengakses Chateau diperlukan. Selanjutnya ada 3 Duality, jelas. Deck ini gak banyak nge-Special Summon, kecuali untuk summon via Mille-feuille, sekaligus memastikan kita dapat kartu yang kita inginkan. Smashing Ground itu anti Rai-Oh dan monster lain yang sulit diatasi oleh Puddingcess.

Untuk Trap, ada lagi satu support eksklusif dari Madolche yang kugunakan dalam deck ini, yaitu Madolche Manner!


Madolche Manner (Trap Card)
Shuffle 1 "Madolchemonster from your Graveyard into your Deck; all face-up "Madolche" monsters on the field gain 800 ATK and DEF, then you can shuffle 1 monster from your Graveyard into the Deck.
"Being princess is suffering.... :I "


Sekilas, kartu ini minus, dan bagi yang kenal bagaimana aku kalo mengomentari kartu YGO, aku SANGAT benci kartu yang minus. Tapi mau bagaimana lagi, kartu ini membersihkan Graveyard kita, membuat boost Puddingcess selalu terjamin. Buff 800 ATK nya juga penting untuk melawan 3000-3100 ATK monster (lewat Puddingcess dan Chouxvallier). Efek shuffle 1 monster ke Grave ini nantinya bakal kepake kalo ada yang mau nyoba hybrid Madolche, misalnya dengan Eatos :D

Sisa Trap-buildnya standar, kecuali Gozen Match. Kartu ini sangat pas untuk melawan kartu-kartu dengan beragam atribut, seperti Wind-Up dan Dino Rabbit, dan mungkin juga Chaos Dragon; sekaligus juga sangat merepotkan deck-deck berbasis Synchro. Yah, kalo ketemu deck dengan atribut sama sih, side-out aja Gozen nya :v


---

Oke, sekian dulu pembahasan mengenai archetype yang sangat adorable ini. Memang benar, deck ini tidak-broken, dan masih banyak inkonsistensinya. Tapi yaaa... Siapa yang tidak senang melihat field nya penuh makhluk-makhluk imut ini? Dan bukan berarti deck ini lemah ya, tidak ada yang lebih menyenangkan dari melihat Majoleine yang tak henti-hentinya searching, dan Puddingcess minus-ing lawan terus menerus :))   Akhir kata, jangan berhenti berkreasi, Happy YGO! :p

Friday, October 7, 2011

Kembali menghidupkan blog!!

Setelah effectively membunuh blog ini selama bertahun-tahun... Aku memutuskan untuk menghidupkan blog ini kembali :D

Alasan? Antara lain:
1. Kebetulan ada waktu dan niat (bah, calon hiatus ini -_-)

2. Sedang semangat dalam menulis dan mengetik dalam jumlah lumayan panjang. Tidak disadari, bahwa a certain random detective roleplay yang kubuat di a certain forum of a certain ITB' unit kegiatan mahasiswa membuatku sadar bahwa... nulis panjang gak susah juga.

3. Lumayan banyak ide. Keasyikan melihat banyak blog Yugioh dan Anime, membuatku pengen juga menulis seperti itu.

Well, aku bakal banyak nulis dengan campuran Indonesia-Inggris seperti ini. Tidak lagi full Inggris kayak dulu (demi ngejar AdSense... dih aku naif :V) tapi some parts need English, karena bahasa ini terkadang memberikan kenyamanan untuk maksud2 tertentu dibanding bahasa Indonesia yg... well... agak cacat vocab-nya.

CATATAN:

Ini BUKAN blog tentang komik QED... Walau aku adalah fan dari manga tersebut. :DD